Recent Posts

Jumat, 05 Desember 2014

Contoh-contoh Sinopsis Novel





Contoh-contoh Sinopsis Novel

SINOPSIS NOVEL

OLIVER TWIST
Oleh : Charles Dickens

            Oliver Twist adalah seorang anak laki-laki yang  lahir di rumah penampungan untuk kaum gelandangan .Ibunya meninggal pada saat melahirkannya .Suatu hari ia di jual kepada Pak Sowerberry untuk bekerja kepadanya . Namun di sana oliver mendapat siksan dan caci maki oleh majikannya .Hingga akhirnya Oliver melarikan diri dari Pak Sowerberry ke London.

       Di sana ia berjumpa dengan Jack Dawkins dan Oliver di ajak ke rumah Fagin ,seorang pemimpin komplotan pencuri . Suatu hari Oliver di ajak Bates dan Dawkins ke sebuah toko untuk mencuri . Dan Pak brownlow adalah targetnya  . Bates dan Dawkins mencuri sesuatu di saku Pak Brownlow lalu lari meninggalkan toko . Oliver pun ikut berlari ,namun Pak Brownlow memanggilnya dan menganggap oliverlah pelakunya .Namun Oliver selamat setelah penjaga toko  menceritakan kejadian yang sebenarnya . Lalu Pak Brownlow mengajak pulang Oliver ke rumahnya .Di sana ia mendapat perlakuan yang sangat baik oleh pak Brownlow dan keluarganya .
          Suatu hari ketika Oliver di suruh untuk ke toko buku oleh Pak Brownlow , ia di tangkap oleh Nancy , gadis suruhan Fagin .Setelah kembali ke tangan Fagin ,  Oliver di ajak mencuri lagi di suatu rumah di kawasan Chertsey . Saat Oliver hendak mencuri ,ia terkena tembakan Pak Giles , seorang pelayan di rumah yang hendak dicuri itu . Karena kejadian itu ia di tinggal Sikes dan Toby , pencuri lainnya yang berhasil kabur . Esoknya Oliver tiba di rumah Nona  Maylie ,tempat ia mencuri semalam . Ia mendapat perlakuan baik di sana karena Maylie tahu bahwa Oliver adalah anak yang baik .
          Di tempat lain Pak Bumble pemilik penampungan bercerita tentang Oliver Twist kepada Monks , lelaki misterius yang ternyata saudara tiri Oliver . Di tempat lain juga Nancy bercerita tentang kejahatan dan rencana jahat Fagin kepada Maylie . Hingga suatu malam ketika Nancy ingin bertemu Maylie ,Ia di cegah Sikes , kekasihnya . Sikes menganggap Nancy membahayakan dirinya . Hingga suatu malam Sikes membunuh Nancy untuk menyembunyikan kejahatannya dan ia  lalu melarikan diri . Namun beberapa hari selanjutnya Nancy juga ikut mati .Fagin mendekam di penjara menunggu hukuman mati . Monks pergi ke amerika . Pak brownlow mengajak Oliver untuk tinggal bersamanya .
Oliver Twist memang anak biasa ,namun mengapa begitu banyak orang yang menginginkan nyawanya ??

JALAN TAK ADA UJUNG
Oleh : Mochtar Lubis

            Jakarta ,kampung tanah tinggi ,kampung yang penuh dengan kegelapan ,kecaman ,jajahan  oleh para ubel ubel Nica . Para penduduk di kampung tersebut merasa tidak tenang .Kadang mereka di perlakukan secara kasar dan tidak manusiawi . Salah satunya adalah Pak Kamaruddin ,Ia sangat benci dengan keadaan yang seperti itu . Pak Kamaruddin mempunyai seorang anak bernama Hazil . Sementara itu Hazil sangat bersemangat untuk melawan penjajah ,namun ia dilarang oleh bapaknya untuk tidak melawan ubel ubel Nica .
          Isa , seorang guru di sebuah sekolah di tanah abang dan seorang pemimpin kelompok yang menentang penjajah . Ia  juga takut dengan penjajah . Ia sangat takut dengan hal hal yang berbau peperangan . Di sisi lain ia juga sedang tidak berhubungan baik dengan Fatimah istrinya . Hal ini karena guru Isa tidak memberikan hal hal yang sebenarnya menjadi hak  Fatimah .
           Suatu hari Isa pergi ke sekolah untuk mengajar , namun suasana sekolah sangat sepi.Tak ada murid di sekolah tersebut  . Lalu ia memainkan sebuah biola dan membayangkan kejadian masa lampaunya . Membayangkan masalah besarnya . Dengan biola itu Isa dan Hazil bersahabat . Hazil seorang komponis dan beberapa ciptaannya pernah di mainkan oleh Isa . Sudah dua bulan lamanya mereka bersahabat .
          Hari-hari selanjutnya  Isa ingin mengembalikan hubungan baik dengan Fatimah ,namun perjuangannya gagal .Pernah suatu hari , ketika selesai mengajar Isa mencuri buku buku baru di almari kelas . Lalu di jualnya buku buku itu ke tanah abang . Hal ini dilakukan karena persediaan makanan di rumah sudah habis . Dan jika Ia tidak melakukannya maka masalah dirinya dengn Fatimah bertambah besar . Ia melakukan hal itu demi melihat Fatimah tersenyum .
          Hari itu Isa dan Hazil bertugas untuk mengambil senjata dan bom tangan yang di simpan di suatu daerah . Di sana mereka bertemu dengan Rakhmat  , seorang pemuda yang memiliki semangat tinggi melawan penjajah . Pada bulan januari selanjutnya Isa mendapatkan surat dari Hazil yang menyatakan bahwa Hazil akan mengungsi karena ia tak betah dengan kerusuhan di daerah tempat tinggalnya . Isa pun senang karena bukan hanya dia yang takut dengan penjajahan , namun temannya juga takut dengan penjajah . Namun akhirnya Hazil pun kembali lagi ke Jakarta .
        Isa lalu  mendapatkan tugas baru sebagai pemegang dana . Hingga akhirnya Isa jatuh sakit . Hazil pun sering menjenguknya , menanyakan keadaannya . Namun di balik itu ia malah selingkuh dengan Fatimah . Akhirnya hubungan itu di ketahui oleh Isa .Namun ia takut mengungkapkan hal itu kepada Fatimah . Ia takut masalahnya semakin besar .
        Hazil dan rakhmat semakin berani dengan Belanda . Mereka melemparkan granat ke sebuah gedung bioskop dan ditemani oleh Isa . Seminggu setelah kejadian itu Hazil di tangkap oleh pihak Belanda .Dan akhirnya Isa pun juga ikut di tangkap .Namun dengan hal itu , ketakutan yang selama ini ada pada diri Isa berangsur angsur menghilang .



Pelabuhan Tak Bertepi
Oleh : Husain Mu’nis

         Nadia adalah seorang ibu rumah tangga yang sebelumnya pernah bekerja di sebuah perusahaan atau lembaga . Namun ia meninggalkan pekerjaannya tersebut demi keluarganya . Majid , suaminya bekerja sebagai pembantu menteri di kementrian ekonomi . Nadia memiliki tiga orang anak , Thariq anak laki-laki pertama yang sedang menempuh kuliah di jurussan kedokteran . Lalu ada Susan , putri Nadia dan yang terakhir Ahmad , anak laki-laki yang paling kecil . Thariq adalah anak yang selalu membantah kehendak ibunya namun  Susan yang selalu mendukung akan kehendak ibunya .
       Pada suatu hari Thariq marah-marah kepada Nadia , ibunya . Thariq mengatakan bahwa kehidupannya sangatlah sederhana bila dibandingkan dengan teman-temannya . Ia ingin hidupnya penuh dengan kemewahan seperti teman-temannya .Lalu ia meminta sebuah mobil kepada orang tuanya . Najib hendak menuruti keinginan Thariq , karena ia berpikiran bahwa suatu saat nanti setelah Thariq lulus kuliah , kebutuhan keluarga akan ditanggung oleh Thariq . Namun Nadia melarangnya  , dengan alasan meskipun Thariq sudah bekerja ia tidak akan merepotkan anaknya .
      Pada saat di rumah Nadia kedatangan tamu . Aminah , teman lama Nadia yang kehidupannya jauh lebih baik daripada Nadia .Aminah menawarkan sebuah pekerjaan kepada Nadia . Dengan keadaan keluarga yang sedang tidak harmonis , Nadia pun senang dengan ajakan temannya . Namun ia belum bisa memutuskan pada saat itu juga . Nadia pun diberi kesempatan untuk memikirkan hal tersebut  .
      Siang itu Thariq marah-marah lagi .Ketika ia pulang dari kuliah dan hendak makan siang , makanan yang disajikan oleh Nadia tidak disukainya . Dan saat itu juga Nadia sedang berada di kamar . Thariq pun menagih mobilnya kembali . Karena hal itu , Nadia dan Thariq pun bertengkar . Susan mendukung ibunya dan Majid berada di kubu Thariq . Majid ingin sekali membelikan Thariq sebuah mobil . Namun dengan pemasukan yang sedikit dan pengeluaran yang cukup banyak setiap bulan rasanya itu tidak mungkin .
      Dua hari setelah kejadian itu , Nadia memutuskan untuk bekerja .Ia segera menemui  Aminah untuk membicarakan hal tersebut  . Nadia pun diterima bekerja  dan dengan segera meninggalkan keluarganya . Ia bekerja sebagai kepala wisma kedutaan . Ia diberi tugas untuk mengatur dan mengawasi para pekerja yang ada di wisma tersebut . Beberapa hari setelah itu , ia merasa kesepian di wisma . Ia teringat dengan keluarganya , khawatir dengan keadaan anak-anaknya .
     Rumah Nadia pun begitu sepi . Majid mendapatkan surat dari Nadia . Dokter Makhmud yang sekaligus paman dari Thariq , Susan dan Ahmad diundang untuk membacakan surat tersebut dan memberi solusi dengan masalah ini . Setelah membaca surat dari Nadia , Dokter Makhmud menasehati Majid dan Thariq bahwa tindakan Nadia itu benar . Nadia sebenarnya sangat baik terhadap keluarganya . Sementara itu Majid sadar dengan kesalahan yang ia lakukan terhadap Nadia.


Kuntum-kuntum Rembulanmu
Oleh : Sakti Wibowo

        Bram dan Mia adalah sepasang kakak beradik yang hidup di tengah-tengah penderitaan . Mereka lahir tetapi tidak tahu siapa ayah mereka yang sebenarnya . Ibu mereka bekerja sebagai wanita penghibur . Karena itu Bram begitu benci dengan Ibunya . Hingga akhirnya Bram dan Mia meninggalkan ibunya seorang diri .
      Di sebuah kota besar Bram dan Mia menjadi pengamen jalanan . Namun setelah mereka kenal  dengan Lex , Bram bekerja sebagai pekerja proyek kasaran . Lex adalah seseorang yang kaya raya . Namun entah kenapa Lex tidak bisa menikmati kekayaan yang dimilikinya . Hasmini adalah seorang mahasiswi dari universitas Tri Sakti . Ia berteman dengan Mia setelah ia bertemu dengan Mia di bis kota. Hasmini sangat baik kepada Mia. Hasmini pun memberikan tawaran pekerjaan kepada Mia tetapi Bram melarangnya .
      Suatu hari Bram dan Mia pindah rumah dari gubug ke kontrakan . Bram tetap bekerja dan Mia dibantu oleh Lex . Saat itu juga lex menembak Mia , namun hubungan itu dilarang oleh Bram . Hingga akhirnya Bram memperbolehkan Mia bekerja di tempat Hasmini demi menghindari kejaran Lex . Di sisi lain Lex dikejar oleh Rinto , temannya . Rinto berharap agar Lex tidak keluar dari bisnis narkoba yang selama ini dijalankan .
      Pada hari pertama Mia bekerja , ia mendapat sambutan yang hangat dari Hasmini dan Mayang. Mia diperkenalkan banyak tentang islam , hingga akhirnya Mia pun mengenakan jilbab. Mia ingin memperkenalkan Bram, kakaknya kepada Hasmini dan Mayang. Sekaligus memperkenalkan mengenai ajaran islam .
      Suatu hari Mia diculik oleh geng Rinto. Rinto meminta agar Lex memberikannya sejumlah uang  sebagai tebusan. Tetapi Bram malah menuduh Lex yang menculik Mia. Bram beranggapan bahwa Lex menculik Mia karena cintanya kepada Mia ditolak. Lex pun mencari Mia dan menjumpai sekelompok geng Rinto. Ia lalu mengikuti kawanan tersebut hingga akhirnya ia malah ikut tertangkap bersama Mia .
         Pada saat malam tiba Lex dan Mia diberi makanan yang sebelumnya sudah ditaburi obat bius dan obat perangsang . Setelah keduanya menghabiskan makanan tersebut , Bram dan Mia melakukan hubungan suami istri tanpa sadar . Setelah mereka mengetahui keadaan yang sebenarnya, mereka sangat menyesal dan marah dengan Rinto . Rinto pun ikut marah , ia berusaha menembak Mia . Namun malah Lex yang terkena tembakan Rinto . Saat itu juga Lex pun mati . Dan Mia pun melarikan diri dari kelompok Rinto .
       Setelah beberapa bulan mencari, Bram pun akhirnya menemukan Mia yang sedang dalam keaadaan hamil . Gerombolan geng Rinto pun akhirnya ditangkap polisi . Bram dan Mia kembali ke Solo , kampung halaman mereka untuk berziarah ke makam ibu . Hingga suatu hari Mia melahirkan seorang anak , namun saat itu juga Mia meninggal dunia . Bram pun merawat anak Mia hingga besar .


Zam , Sepercik Cinta di Kota Kecil
Oleh : Mustofa W Hasyim

          Zam adalah seorang pemuda yang menyukai seorang gadis. Gadis yang disukainya sangatlah cantik , manis , dengan mata yang jernih . Gadis itu adalah Wati . Mereka sering bertemu di organisasi panitia Ramadhan . Zam menjabat sebagai bendahara dan Wati menjabat sebagai sekretaris. Mereka terkadang berangkat kuliah bersama walaupun mereka berbeda universitas . Hingga suatu hari Zam menyatakan cintanya kepada Wati . Mereka pun menjadi pasangan kekasih .
        Suatu malam Zam menceritakan hal itu kepada Ndut , teman Zam di sebuah pasar malam . Paginya berita tersebut pun tersebar di kota Zam dan juga Wati . Katanya pada zaman dahulu kota tersebut sering kali beredar kisah-kisah cinta dengan cepat . Berita hubungan cinta antara Zam dengan Wati pun sampai ke telinga juragan Truno , ayah Wati . Juragan Truno melarang Wati untuk berhubungan dengan Zam karena alasan tertentu .
       Dulu sebelum juragan Truno menjadi seorang juragan perak , ia sempat melamar ibunya Zam .Namun kakek Zam melarang hubungan itu karena beda tingkatan atau derajat . Akhirnya juragan Truno menikahi ibunya Wati yang wajahnya mirip dengan ibunya Zam. Di belakang itu , juragan Truno juga berselingkuh dengan kasir showroom dan Cleopatra . Zam dan Wati akhirnya putus cinta dan tidak berstatus sebagai pasangan kekasih . Namun mereka masih sering bertukar pesan , bertemu secara diam-diam .
        Suatu hari ketika mereka bertemu di sebuah toko buku ,mereka dipergoki oleh seseorang . Akhirnya juragan Truno melarang Wati untuk bergabung dalam kepanitiaan Ramadhan . Ponsel Wati disita , buku harian dan buku pemberian Zam disobek lalu dibakar oleh bapaknya . Wati sangat sedih dan kecewa akan kelakuan bapaknya. Sementara itu Zam gundah ,bagaimana cara ia bertemu dengan Wati . Hingga suatu hari juragan Truno kepergok oleh kakak Wati saat ia sedang selingkuh dengan Cleopatra di sebuah hotel . Karena sangat marah , kakak Wati menyakiti bapaknya sendiri dan juga Cleopatra . Selang beberapa hari juragan Truno meninggal dan kakak Wati ditangkap polisi karena kasusnya. Wati sangatlah sedih dan malu dengan keaadaan keluarganya . Hingga akhirnya ia sakit dan harus dibawa ke rumah sakit . 


Bibir Merah
Oleh : Achmad Munif

        Rumanti , seorang bos besar di suatu perusahaan yang memiliki banyak karyawan . Ia sangat cantik dan juga kaya . Ia berumur tiga puluh lima tahun tetapi ia belum memiliki seorang suami . Rumanti tertarik pada seseorang yaitu Firman , namun dengan umur Firman yang dua belas tahun lebih muda darinya , membuat ia ragu dengan hal itu .
       Rumanti ingin membeli sebuah tanah di suatu desa yang sebenarnya sudah disepakati oleh kedua belah pihak jauh-jauh hari sebelumnya. Namun pembelian itu mengalami masalah lantaran lurah Koco , lurah di desa tersebut meminta harga lebih dari harga yang sudah disepakati. Sebenarnya di desa tersebut, tanahnya tidak begitu meyakinkan untuk dibuat suatu usaha . Namun Rumanti tetap bersikeras untuk membeli tanah itu . Lurah Koco adalah seorang lurah yang sangat berkuasa di kampung kapur . Ia sangat licik dan jahat . Para warga yang tinggal di desa tersebut tunduk dan ikut dengan kebijakannya .
      Suatu hari Lurah Koco mengadakan rapat bersama warga desanya mengenai masalah penaikan harga tanah yang terdapat di desa Kapur tersebut . Rapat tersebut juga dihadiri oleh enam kepala dukuh . Lurah Koco mengemukakan kebijakannya dan disetujui oleh para kepala Dukuh melainkan Mustain . Ia tidak sependapat dengan lurah Koco. Ia berpikiran bahwa kenaikan harga pada tanah tersebut tidak menguntungkan warga desa . Uang tersebut akan masuk ke dalam kantong lurah Koco sendiri . Sementara itu Nursalim , kepala dukuh Wadas diam , masih belum memilih pendapat anatara kedua belah pihak . Lurah Koco sangat benci terhadap Mustain . Ia pun bekerja sama dengan bayan Sardi , bawahannya . Bayan Sardi pun ingin menjatuhkan Mustain melalui Murtini , seorang penari ledek yang lenjeh .berita itu pun sampai ke telinga Rumanti . Ia mendapatkan laporan bahwa dua kepala dukuh di desa Kapur menentang lurah Koco , sementara empat kepala dukuh lainnya masih ragu . Rumanti akhirnya ingin bertemu dengan Mustain, kepala dukuh yang menentang lurah Koco .
      Suatu malam di desa Kapur terdapat pesta kawinan , disana Mustain diajak menari oleh Murtini , seorang ledek di kampung itu . Karena dipaksa , Mustain pun menuruti ajakan Murtini . Setelah selesai Murtini diantar pulang oleh Mustain . Kabar itu pun tersebar ke seluruh desa Kapur . Dik Lindri , anak dari lurah Koco yang mendengar berita itu kecewa . Ia cemburu dengan Mustain. Pada hari-hari berikutnya Bayan Sardi , bawahan lurah Koco meninggal dunia .Berita kematian itu menjadi hal yang menggembirakan di kampung Kapur . Jabatan Bayan pun akhirnya digantikan oleh Bento , orang yang lebih licik dari Bayan Sardi . Bayan Bento siap untuk menurunkan derajat Mustain .
      Dulu sebelum Rumanti menjadi seorang bos besar di perusahaannya , ia pernah dilamar oleh lurah Koco, namun ia tidak mau . Orang tua Rumanti pun difitnah oleh lurah Koco . Lalu dikeroyok oleh warga desa . Rumah rumanti pun akhirnya dibakar. Rumanti dan adiknya diperkosa oleh lurah Koco . Setelah itu Rumanti dan adiknya pergi meninggalkan desa kapur. Rumanti pun akhirnya menjadi seorang wanita panggilan , hingga akhirnya ia menjadi seorang bos besar . Itulah sebabnya ia ingin sekali membeli tanah yang ada di desa kapur . Ia ingin membantu desa kapur .Ia menginginkan bahwa Mustainlah yang menjadi kepala desa dan bukanlah Lurah Koco .Rumanti mau membuktikan bahwa orang lemah tidak selalu lemah . Hingga akhirnya keinginannya itu pun tercapai . Lurah Koco meninggal dunia karena stroke dan Rumanti mengetahui bahwa Gus Nursalim adalah pakliknya sendiri . Dan Firman berhubungan dengan adik Rumanti yaitu Rumani .
      

Masih Ada Kereta yang Akan Lewat
Oleh : Mira W

       Arini dan Ira adalah sepasang sahabat . Persahabatan mereka dimulai sejak mereka duduk di bangku SD hingga SMA yang sampai akhirnya persahabatan tersebut berakhir karena masalah yang begitu rumit . Ira memiliki suami yang bernama Hadi . Ira telah dikaruniai tiga orang anak yang salah satunya adalah hasil dari hubungan gelap Ira dengan Helmi . Ira sangat mencintai Helmi , begitupun sebaliknya. Mereka sering bertemu pada saat Hadi sedang bekerja . Sampai akhirnya Helmi menawarkan agar Ira menceraikan Hadi dan menikah dengannya. Namun Ira tidak menghendaki hal itu , karena ia sangat mencintai anak-anaknya . Ira hanya menginginkan hubungan gelap itu terus berlanjut tanpa ia harus berpisah dengan anak-anaknya.
         Hingga suatu hari Hadi curiga dengan hubungan gelap tersebut . Hadi akan menceraikan Ira jika hal itu benar-benar terjadi. Untuk menutupi hubungan tersebut , Ira menginginkan agar Helmi menikahi Arini , sahabat Ira . Tetapi Ira melarang Helmi untuk mencintai Arini . Akhirnya Helmi dan Arini pun menikah . Sikap Helmi begitu dingin terhadap Arini karena sebenarnya ia tidak mencintai Arini. Karena itulah Arini sangat takut dengan Helmi , suaminya .
        Untuk menghindari hubungan gelap antara Helmi dan istrinya , Hadi memberikan tiket ke Paris kepada Helmi untuk berbulan madu dengan istrinya. Ira sangat marah mendengar berita tersebut . Begitupun dengan Helmi , ia tidak sanggup berpisah jauh dengan Ira . Namun bulan madu itu harus dilaksanakan . Di Jakarta Ira sering menelepon Helmi .
     Waktu pun berlalu , Helmi dan Arini pun kembali ke Jakarta . Dan Arini pun sudah mengandung anak dari Helmi . Arini sangat senang namun Helmi  begitu bingung dengan hal itu . Helmi takut Ira akan mendengar berita itu . Hingga akhirnya berita itu pun sampai ke telinga Ira . Ira ingin bayi yang dikandung Arini tidak lahir . Ia menginginkan agar Helmi menggugurkan kandungan istrinya , namun Helmi menolaknya .
        Sembilan bulan berlalu . Saat itu Arini hendak melahirkan , namun saat itu juga Helmi sedang berada di rumah Ira . Sementara Hadi sedang pergi ke luar kota . Arini pun menelepon Helmi , namun Arman , anaknya Ira yang mengangkat panggilan itu . Arini mendengarkan perbincangan romantis antara Helmi dengan Ira melalui telepon . Arini sangat marah dengan Helmi . Ia begitu benci dengan suaminya itu .
       Anak Arini pun lahir , namun Arini begitu benci dengan bayi itu . Helmi telah mengkhianatinya . Dia ingin bayi itu tidak lahir di dunia . Akibatnya Arini mengidap gangguan psikosis masa nifas . Ia akan gila jika melihat bayinya , ia juga sangat benci dengan Helmi . Sejak saat itu ia tidak pernah melihat Helmi dan juga bayinya . Enam bulan kemudian Arini menerima surat cerai dari Helmi . Sejak saat itu Arini berubah , tahu demi tahun ia lalui . Ia pun menjadi seorang wanita karier
        Suatu hari Arini berlibur ke Paris , di Kereta ia berjumpa dengan seorang lelaki yang lima belas tahun lebih muda darinya . lelaki itu bernama Nick .Dengan pertemuan di kereta itu , mereka sering bertemu di Paris . Mereka pun saling mencintai . Setelah liburan selesai , Arini kembali ke Jakarta dan menjadi seorang Ceo di sebuah perusahaan . Di sana ia berjumpa dengan Helmi , mantan suaminya . Helmi menjadi bawahan Arini . Di Hari-hari bekerja Arini seringkali memarahi Helmi dengan alasan yang tidak jelas . Dengan keadaan yang seperti itu  Helmi memberanikan diri meminta tolong kepada Arini mengenai masalahnya . Ia pun bercerita bahwa Ella , anak Helmi dan juga Arini sedang sakit .  Arini pun mengerti dengan keadaan tersebut . Akhirnya Arini pun membantu Helmi sampai Ella sembuh . Helmi pun kembali kepada Ira . Dan Arini dengan Nick . Ira dan Arini pun bersahabat lagi .


Sang Pramuria
Oleh : Sutirman Eka Ardhana

       Niken adalah seorang pramuria , wanita penerima tamu di tempat hiburan malam seperti pub . Tetapi pekerjaan itu hanya sekadar teman ngobrol , tidak lebih dari itu . Niken adalah seorang janda yang memiliki satu anak bernama Nanda . Ia bercerai dengan mantan suaminya , Pras , sejak umur pernikahan mereka baru menginjak sekitar dua tahun . Pekerjaan sebagai pramuria ia dapatkan dari teman SMA-nya , Wanti .  Waktu itu Niken juga sedang mencari pekerjaan . Awalnya Niken merasa canggung dengan pekerjaan itu . Namun seiring berjalannya waktu , ia menganggap pekerjaan itu adalah hal yang biasa . Toh , pekerjaan itu tidak separah pelacur , pikirnya .
      Bermacam-macam tamu langganan Niken . Ada yang ramah , jahil , kaya , tua dan sebagainya . Uky , tamu langganan yang membuat Niken tertarik dengannya . Hingga suatu hari Niken merasa kesepian . Ia menginginkan Uky datang ke pub untuk menemuinya . Karena sudah beberapa hari ia tidak menemui Nick . Namun ia malah kedatangan seorang lelaki tua yang jahil . Sebenarnya Niken tidak suka dengan tamu yang jahil seperti itu .
      Malam hari Niken kedatangan tamu yang ternyata adalah Pram , pacar Niken waktu SMA.  Mereka bertemu untuk pertama kalinya semenjak mereka berpisah ketika lulus SMA . Pram ternyata pergi ke Australia . Niken sangat senang bertemu dengan mantan kekasihnya itu . Kegelisahannya menunggu Uky terobati dengan hadirnya Pram . Mereka pun berbincang-bincang mengenai kehidupannya masing-masing setelah mereka lulus SMA . Dan ternyata Pram belum menikah . Semenjak pertemuan itu , mereka sering berjumpa di pub .
     Suatu hari Niken dibuat gelisah dengan kedatangan Uky di pub . Pada saat itu Niken juga sedang menemani Pram . Niken sangat gelisah , obrolannya dengan Pram tidak begitu mengasyikan . Akhirnya Pram pun pulang dan Niken menemui Uky . Mereka lalu berbincang-bincang . Niken senang sekali waktu itu . Lelaki yang ditunggu-tunggu selama berminggu-minggu akhirnya datang menemui Niken .
       Niken mendapatkan surat dari orang tuanya . Isi dari surat itu menyatakan agar Niken segera pulang . Ia ingin dijodohkan dengan lelaki lain oleh orang tuanya . Padahal Niken menginginkan Pram atau Uky yang menjadi pasangan hidupnya kelak . Lalu Wanty datang ke rumahnya , mereka saling bercerita . Wanty juga memberikan tips-tips sebagai seorang pramuria . Niken menerimanya dengan senang hati .
       Malam hari kegelisahan Niken terbawa sampai ke pub . Ia khawatir kalau Uky dan Pram datang secara bersamaan . Beberapa saat kemudian ia kedatangan seorang tamu yang ternyata adalah Pras , mantan suaminya . Mereka lalu berbincang-bincang . Saling menanyakan kabar dan sebagainya . Pras ingin bertemu dengan Nanda , anaknya . Setelah berpikir lama akhirnya Niken menyanggupi permintaan mantan suaminya . Mereka akan bertemu pada hari minggu di rumah Niken .
        Hari yang ditunggu Pras pun tiba . Pras datang ke rumah Niken dan bertemu dengan Nanda . Pras menciuminya , memeluknya , memberikan kasih sayang kepadanya . Lalu Pras mengajak jalan Niken dan Nanda ke suatu tempat . Membeli pakaian , mainan dan sepeda untuk Nanda . Setelah itu mereka makan bersama . Dan esoknya mereka bertemu lagi di rumah Niken . Pras ingin mengungkapkan sesuatu kepada Niken . Ia ingin melamar Niken kembali . Mendengar hal itu Niken diam . Dia bingung ingin menjawab apa . Niken tidak menjawab sampai Pras pulang meninggalkan rumah Niken .
       Di pub Niken menceritakan hal itu kepada Wanti . Ia diberi saran oleh Wanty agar ia menerima Pras kembali . Suatu malam di pub Niken kedatangan tamu yang tak lain adalah Pras . Sebelumnya Niken telah menemani tamu lain . Tetapi ia meninggalkan tamu itu dan menuju ke arah Pras . Lalu Pras bertanya lagi tentang lamaran kepada Niken . Tetapi sebelum Niken menjawab pertanyaan Pras , tamu yang tadinya bersama Niken datang . Ia mengajak Niken kembali ke mejanya . Namun Niken tidak mau , dan akhirnya terjadi kerusuhan antara tamu Niken dengan Pras . Pras terkena pukulan botol hingga akhirnya ia harus dibawa ke rumah sakit  . Setelah sadar , Niken membisikan sesuatu ke telinga Pras . Ia menerima lamaran itu .








ULASAN KUMPULAN CERPEN

1.      Arapaima

            “Arapaima” adalah judul dari sebuah kumpulan cerpen karya Yosi Yonata . Buku dengan tebal 135 halaman ini memiliki beberapa cerita pendek yang disuguhkan secara menarik . Buku dengan penerbit Grasindo ini memiliki 16 judul cerita pendek . Diantaranya yaitu ada “Arapaima “ yang merupakan judul dari kumpulan cerpen itu sendiri , “ Bunga di Tengah Padas”  ,  “Serenada”  , “Wanita dengan Gaun Biru Muda”  , ”Lola”  ,  “Eleana” ,  “Franka”  , “Pungguk”  , “Putri Laut”  ,  “Sang Penggoda” , “Gaum Hitam” , “Menari Bersama Rembulan”  , “Kapal Pasir” , “Kebun Hujan”  ,  “Balada Sekuntum Bunga”  , dan “ Sepasang Burung Hitam” .
             Pada intinya dilihat dari beberapa cerita yang dikarang oleh Yosi Yonanta ini menceritakan kisah-kisah percintaan . Serta perjuangan-perjuangan seseorang untuk mencari cinta sejati . Tentang perjuangan seorang wanita mencari kekasihnya di dalam judul “ Arapaima “ . Lantunan serenada untuk seorang gadis di balik jendela yang termuat dalam judul “ Serenada “  . Lalu tentang pencarian seorang gadis jelmaan yang menari di sebuah pesta , yang ada di dalam cerita “ Wanita dengan Gaun Biru Muda “ . Serta manisnya seseorang yang termuat di dalam cerita “ Lola “ .
            Di dalam buku ini , pembaca bukan hanya disuguhi kisah-kisah percintaan saja . Namun Yosi Yonata juga membumbui kisah-kisah itu dengan nuansa alam yang akan membuat pembaca ikut terjun membayangkan gambaran-gambaran alam tersebut . Pembaca akan ikut merasakan nuansa alam bebas seperti yang terkandung di dalam cerita “ Arapaima “ . Di bawah ini terdapat beberapa ringkasan cerita pendek yang terdapat dalam kumpulan cerpen Arapaima .

Arapaima
             Cerita itu mengisahkan tentang seorang wanita yang duduk sendiri di atas perahu . Mengarungi anak sungai yang mengalir tenang dan dengan tatapan matanya yang tajam menembus kedalaman aliran air . Seolah-olah ia sedang mencari sesuatu di dasar sungai . Telah berhari-hari wanita itu mendayung perahu menyusuri anak sungai .
              Hingga suatu ketika ia menjumpai seorang anak rimba . Wanita itu pun bertanya kepada anak rimba tersebut mengenai seekor ikan arapaima . Namun ternyata anak rimba tak mengerti apa yang ditanyakan wanita itu . Setelah itu wanita muda bercerita mengenai kekasihnya , tentang kesengsaraan dirinya dan juga teman penduduknya kepada anak rimba. Kesengsaraan akibat orang-orang jahat . Serta tertangkapnya para penduduk dan kekasih wanita muda oleh para penjahat . Dan ketika wanita muda berada di tepi sungai , seolah-olah wanita itu berbicara padanya . Mengatakan bahwa kekasihnya sedang dalam kesengsaraan di kubu penjahat . Hingga akhirnya kekasihnya itu dibunuh dan dibuang ke sebuah sungai . Wanita itu menganggap bahwa kekasihnya menjadi seekor arapaima . Dan setelah wanita itu selesai bercerita , Bocah Rimba mulai mengerti tentang cerita dan pertanyaan wanita muda itu .
            Namun setelah itu , bocah rimba berlari meninggalkan sungai lalu menuju ke hutan . Wanita muda itu pun melanjutkan perjalanan . Hingga suatu ketika ia melihat arapaima melompat dari ketenangan sungai . Lalu masuk ke sungai lagi . Saat itu juga wanita muda melompat ke sungai dan tak kembali lagi ke perahu yang ia naiki .


Wanita dengan Gaun Biru Muda
        Penulis bercerita mengenai seorang lelaki muda yang sedang menghadiri sebuah pesta . Pada saat itu ia terpana dengan kecantikan seorang gadis bergaun biru yang juga menghadiri pesta tersebut . Lalu ketika seorang pelayan memberikan hidangan kepada lelaki muda , wanita bergaun biru itu menghilang . Lalu beberapa saat kemudian wanita itu muncul kembali dan menari di tengah ruangan yang besar .
         Sejak kejadian di pesta itu , lelaki muda selalu terbayang akan kecantikan wanita bergaun biru . Lalu ia pun berniat untuk mencari gadis itu . Di sela-sela mencari , ia juga bertanya kepada orang-orang mengenai wanita bergaun biru tersebut . Namun orang-orang mengatakan bahwa gadis itu adalah jelmaan .
          Hingga akhirnya lelaki muda menemukan gadis yang dicarinya di kota air . Saat itu gadis tersebut  sedang berada di atas perahu dan mengajak lelaki muda untuk naik perahu bersamanya . Gadis itu pun mulai merengkuh dayungnya . Perahu itu mulai meluncur meninggalkan kota air . Mereka akhirnya sampai ke tempat yang tidak mereka ketahui  . Semuanya menjadi biru . Hanyut dalam cinta yang biru .
                                                  

2.Di Kereta Kita Selingkuh

        “ Di kereta Kita Selingkuh” merupakan kumpulan cerita pendek karangan Budi Maryono . Di dalam buku ini Budi Maryono mengisi beberapa cerita pendek yang sangat menarik untuk dibaca oleh pembaca . Kumpulan cerita pendek dengan tebal 175 halaman ini diterbitkan oleh Gigih Pustaka Mandiri .
        Di kumpulan cerpen ini terdapat beberapa kisah seperti “ Bulan Ratih “ , “ Binar Mata Dinar “ , “ Sepasang Cappuccino “ dan “ Di Kereta Kita Selingkuh “ yang pada intinya merupakan kisah seseorang yang sudah berkeluarga namun mencintai orang lain . Budi Maryono juga menceritakan kisah kaum homoseksual di dalam cerpennya yang berjudul “ Kau Tikam Aku Persis di Jantung “ . Juga kisah seorang waria di dalam judul “ Sekuntum Mawar “ . Sementara itu di dalam cerita pendek yang berjudul “ Ros tak Pulang Lagi “ merupakan kisah seseorang banci yang bingung dengan keadaan yang ada pada dirinya .
     Di kumpulan cerpen ini , Budi Maryono memberikan pesan moral bahwa sesungguhnya tidak baik jika seseorang yang sudah berkeluarga mencintai orang lain . Dan juga seharusnya laki-laki itu mencintai perempuan , bukan sesama jenisnya sendiri . Selain itu Budi Maryono juga memberikan pesan bahwa manusia itu hidup sesuai dengan kodratnya , bukan sebaliknya . Di bawah ini terdapat ringkasan cerita pendek karya Budi Maryono yang merupakan salah satu cerpen di dalam kumpulan cerpen  “Di Kereta Kita Selingkuh” .


Ros tak Pulang Lagi
          Saat itu adalah malam dimana semua umat Islam merayakan hari kemenangan . Bunyi bedug dan gema takbir terdengar dari segala penjuru . Ros duduk di pinggir jembatan . Hatinya galau , gelisah dan juga rindu akan sesuatu . Ros terpuruk tanpa daya . Lalu tiba-tiba muncul seorang bocah yang berpeci dan bersarung dan menemui Ros . Bocah itu menyuruh Ros untuk berhenti dengan apa yang telah Ros lakukan . Lalu menyuruh Ros untuk kembali dan memilih sarung atau mukena yang akan Ros pakai . Ros tak menduga bakal dihadapkan pada pilihan talak seperti itu . Ros pun mengumpat .
          Malam pun mendekati fajar . Gema takbir , tahlil dan tahmid  kian memenuhi udara . Ros pun berjalan menyusuri jalan raya , sambil tangannya melambai-lambai pada mobil yang melintas . Sebenarnya Ros ingin pulang menikmati anugerah Idul Fitri bersama sanak saudara . Seperti dulu sebelum ia memikul beban sosial akibat gerak alam yang menyimpang pada dirinya . Lalu tiba-tiba muncul seorang lelaki kumal yang bercerita kepada Ros . Lalu lelaki itu mengajak Ros untuk pulang . Namun Ros tak mau lagi . Karena tidak mau dengan ajakannya , lelaki kumal itu meninggalkan Ros tanpa pamit . Keduanya pun berjalan ke arah yang berlawanan .
       Azan subuh berkumandang dari setiap langgar maupun masjid . Ros lalu mempercepat langkahnya menuju masjid . Sampai di teras masjid ia berhenti . Ia tak mampu melangkah lebih ke depan lagi . Ia lupa membawa sarung dan juga lupa membawa mukena . Ia belum berhasil memastikan mana yang akan ia pakai . Ia merasa seperti seekor babi di tengah ruangan yang suci , namun ia tak peduli . Ketika orang-orang menatapnya dengan mata heran bercampur tak paham , Ros merasa bahwa ia salah masuk .
       Selanjutnya ia pun berbalik badan , menangis sekaligus tertawa . Hatinya begitu hangus . Bocah bersarung dan berpeci itu pun kembali lagi di hadapan Ros . Bocah kecil itu lalu menyerahkan Juz Ama kepada Ros , namun Ros menolaknya . Ia takut dikatakan banci ngaji oleh teman-temannya . Ros lalu bergegas dan semakin jauh dari masjid . Lebaran ini Ros tak pulang lagi . Kerinduan yang menggumpal di dadanya mengeras . Ros pingsan . Lelaki kumal yang pernah menyapa Ros sebelumnya muncul lagi . Lalu jongkok dan mengusap air mata Ros . Ros bunuh diri .


3.Juru Masak
        “ Juru Masak “ adalah sehimpun cerita pendek karya Damhuri Muhammad . Kumpulan cerita pendek ini memiliki tebal 160 halaman dan diterbitkan oleh Koekoesan . Di dalam cerita pendek yang diciptakan oleh Damhuri Muhammad , pembaca dapat menemukan beberapa kisah yang terdiri dari 14 judul cerita pendek .
        Sehimpun cerita pendek karya Damhuri Muhammad ini memiliki beberapa kisah menarik . Di antaranya yaitu ada kisah Dinir yang selalu mencari istri baru dengan gasing miliknya , cerita itu termuat di dalam judul “Gasing Tengkorak” . Kisah bapak yang memiliki payudara besar , di dalam judul “ Anak Bapak “ . Lalu ada kisah para anak laki-laki di suatu kampung yang selalu tidur di surau , yang termuat di dalam judul “ Sumanda “ . Ada juga Mangkaji , seorang juru masak yang sangat handal . Cerita ini termuat di dalam judul “ Juru Masak “ yang sekaligus menjadi judul kumpulan cerpen ini .
        Di dalam kumpulan cerpen “ Juru Masak “ , pembaca akan menemukan cerita-cerita dengan gaya bahasa daerah . Damhuri Muhammad memberi sentilan-sentilan bahasa daerah Sumatra untuk membuat cerpen-cerpen tersebut  . Hal itu bisa dilihat melalui judul-judul cerpen seperti “ Jo Ampok “ dan “ Sembilu Talang Perindu “ . Namun meski begitu , pembaca akan tetap bisa mengerti apa makna yang terkandung di dalam cerita-cerita yang dikarang oleh Damhuri Muhammad . Di Bawah ini ada beberapa ringkasan cerita pendek yang termuat di dalam kumpulan cerita pendek “ Juru Masak “ .




Gasing Tengkorak
       Dinir adalah seorang tukang panjat pohon kelapa yang memiliki sebuah benda yang sangat sakti . Benda sakti itu adalah gasing tengkorak yang memiliki kemampuan memikat hati perempuan agar mencintai seorang lelaki yang sebenarnya tidak dicintai . Walaupun memiliki muka yang kusut , matanya juling dan giginya yang kuning Dinir selalu menggunakan gasing tengkoraknya untuk memikat hati para perempuan di kampungnya . Tidak peduli itu gadis belia , janda kembang atau istri orang . Dan bila lelaki itu sudah memebaca mantra sambil menggasing di tengah malam , maka perempuan yang dituju akan mencari Dinir agar dijadikan istrinya .
         Kejadian itu pun menimpa Nurmala , gadis muda yang baru saja menyelesaikan kuliah di kota . Nurmala pulang untuk meminta doa restu kepada orang tuanya . Ia ingin melamar pekerjaan . Bukan hanya itu , Nurmala juga membawa kabar gembira bahwa sudah ada seorang lelaki yang berniat untuk mempersuntingnya . Namun sayang , Dinir telah lebih dulu mengincar Nurmala .
          Suatu pagi Dinir diundang ke rumah Nurmala untuk memetik buah kelapa . Tak sengaja ia melihat Nurmala yang sedang mengambil kelapa yang sudah berjatuhan . Lalu Dinir menggoda gadis itu . Namun Nurmala malah mengejeknya . Hal itu yang membuat Dinir marah pada gadis itu . Malamnya Dinir memutar gasingnya untuk Nurmala . Alhasil Nurmala meminta agar diantarkan ke rumah Dinir dan meminta agar dijadikan istrinya . Nurmala pun harus membayar kesalahannya dengan menjadi istri kelima Dinir .
         Setelah berhubungan dengan Dinir , Nurmala memiliki empat orang anak . Dan suatu hari Nurmala membujuk Dinir agar menggunakan gasingnya di kota . Ia akan mendapatkan banyak uang disana menggunakan gasing itu . Dinir pun pergi ke kota , namun celakanya gasing itu tak berfungsi disana . Hingga akhirnya ia ditangkap polisi karena telah melakukan penipuan dengan gasingnya . Nurmala sangat senang dengan berita itu . Namun akhirnya Nurmala sangat merindukan Dinir . Ia begitu mencintai Dinir sampai ia ingin membebaskan Dinir dari kurungan penjara .

Juru Masak
         Makaji adalah seorang juru masak yang sangat handal di kampung Lareh Panjang . Perhelatan sebesar apapun akan kacau tanpa kehadiran makaji , sang juru masak . Suatu pesta atau kenduri akan sepi pengunjung jika makanan yang disajikan tidak enak . Hal itu disebabkan karena tidak mengundang Makaji sebagai juru masak di pesta atau kenduri tersebut . Akibatnya muncul gunjingan-gunjingan atau cela yang mesti ditanggung oleh orang yang merayakan suatu pesta .
        Beberapa tahun sebelumnya pernah ada pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari. Namun pesta itu tidak berjalan mulus dan hampir saja batal karena makanan yang disajikan bukan hasil masakan Makaji . Keluarga mempelai pria menginginkan masakan dari Makaji , jika tidak maka pesta akan diberhentikan . Begitu penting peran Makaji di suatu perhelatan . Sebenarnya Makaji tidak pernah keberatan apabila diundang untuk memasak di suatu pesta . Entah tuan rumah yang memiliki hajatan itu orang terpandang atau orang biasa yang hanya sanggup menggelar syukuran seadanya .
         Azrial adalah putra sulung Makaji yang memberi saran agar Bapaknya berhenti menjadi seorang juru masak . Namun Makaji ingin tetap memasak di hari tuanya . Azrial menawarkan agar bapaknya ikut ke kota dengannya . Lalu membantu memasak di rumah makan milik anaknya tersebut . Makaji menyanggupi ajakan anaknya namun ia meminta izin untuk memasak sekali di sutu kenduri . Mendengar bapaknya akan memasak di pesta perkawinan  Renggogeni , Azrial sangat marah .
          Renggogeni adalah perempuan masa lalu Azrial . Renggogeni seorang tamatan dari akademi perawat di kota  , sementara Azrial hanya tamatan Madarasah Aliyah . Mangkudun , ayah Renggogeni tidak menyetujui hubungan mereka . Maka dengan berat hati Azrial melupakan Renggogeni . Ia lalu pergi ke kota dan menjadi tukang cuci di sebuah rumah makan . Berkat kegigihannya Azrial menjadi seorang juragan yang memiliki enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah .
          Kenduri di rumah Mangkudun begitu semarak . Renggogeni menikah dengan Yusnaldi . Namun pesta yang digelar dengan menyembelih tiga ekor kerbau jantan dan tujuh ekor kambing itu tidak begitu ramai dikunjungi . Para pengunjung kecewa karena masakan yang dihidangkan bukan masakan hasil Makaji . Dan ternyata dua hari sebelum kenduri di rumah Mangkudun berlangsung , Azrial telah menjemput bapaknya dan mengajak ke Jakarta . Orang-orang Lereh Panjang telah kehilangan seorang juru masak yang handal yaitu Makaji.


Sumber: Kumpulan Novel-novel.





0 komentar:

Posting Komentar